SINGGAH LE


widgeo.net

Ku Li

Ahad, 21 Ogos 2011

Indonesia Mensasarkan (Target) 2025


Kerajaan Indonesia berharap dapat masuk ke dalam kategori negara berpenghasilan tinggi pada 2025 dengan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki khususnya ekonomi.

Keterangan tertulis Kementerian Bidang Perekonomian di Jakarta, Rabu menyebutkan, saat ini Indonesia menduduki tangga ke 17 ekonomi dunia, dengan pendapatan per kapita sekitar 3.000 dolar AS pada 2010.

Megikut rancangan  kerajaan,Indonesia akan  masuk jadi negara "high income country" pada 2025.

Indonesia memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan menjadi kekuatan utama (driver) ekonomi Indonesia.
Saat ini Indonesia sedang berubah dari "factor driven economy" menuju "efficiency driven economy".

Namun potensi yang dimiliki Indonesia untuk menjadi salah satu kekuatan dunia tidakjadi secara  serta merta . Terdapat halangan yang harus dihadapi dan diselesaikan seperti keterbatasan infrastruktur, kuali SDM masih rendah, urbanisasi, dan  perubahan iklim.

Karena itu diperlukan perancangan mampan untuk memanfaatkan momentum bergabung ke dalam negara-negara emerging market.

Kerajaan kemudian menyusun  transformasi ekonomi yang perlu didsokong oleh berbagai lapisan dan perubahan pola pikir di dalam merumuskan strategi dan kebijakan jangka pendek, pertengahan, dan jangka panjang..

Perancangan  tersebut diwujudkan dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) yang mencakup 22 aktiviti ekonomi utama Indonesia dan merupakan adaptasi serta integrasi dari Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2002-2025.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan