SINGGAH LE


widgeo.net

Ku Li

Isnin, 14 Januari 2013

Rezeki Dari Buah Kasturi


Kasturi (Mangifera casturi Delmiana) lebih manis dari mangga (Mangifera indica). Sosoknya agak bulat kurang lebih seukuran telur bebek. Buah sejenis yang agak mirip dengan kasturi tapi agak panjang sedikit adalah rarawa dan kalapisan. Bedanya kulit kasturi lebih merah dan rasanya lebih manis. Sementara rarawa dan kalapisan tak semerah kasturi dan agak asam.

“Buah kasturi merahnya dari atas sedangkan rarawa dan kalapisan masaknya dari bawah. Kasturi bulat dan manis, rarawa dan kalapisan lonjong dan asam,”ujar Adnan, pedagang Kasturi asal Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah saat menggelar dagangan di pinggir jalan raya Belitung Darat Banjarmasin, Sabtu (12/1/2013) sore).

Adnan mempersilakan calon pembeli yang ragu mencicipi dulu rasa kasturi untuk membuktikan sendiri manis tidaknya buah yang yang menjadi flora maskot provinsi Kalimantan Selatan ini. “Kemarin ada orang yang beli 200 ratus biji, katanya akan dibawa untuk oleh-oleh keluarga di Sumatera. Katanya di sana tak ada, karena Kasturi cuma ada di Kalimantan,” ujar Adnan yang mulai berjualan sejak 10 hari lalu. “Kasturi mulai panen,” sambungnya.

Harga kasturi Rp8000 per 10 biji. “Kalau beli banyak boleh Rp7500. Sepuluh ribu dapat 13 biji,”

Satu persatu pembeli datang. Adnan pun menikmati manisnya rezeki dari kasturi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan